KULIAH UMUM PROF.DR.JIMLY ASSIDDIQIE.S.H

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., bersilaturahmi dan mengisi kuliah umum tentang Peran Serta Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Pilkada yang Demokratis, di Universitas Muhammadiyah Palembang, Kamis (5/4/2018).

Dalam sambutanya Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengungkapkan, memasuki masa pilkada serentak 2018 ini, kami selaku pengelola perguruan tinggi melalui kuliah umum ini juga mendapatkan pencerahan terkait kegiatan pesta demokrasi terbesar di Indonesia tersebut.

“Menjadikan kampus Unggul dan Islami merupakan moto dan visi UMPalembang, semoga kuliah umum ini menjadi bagian dalam mencapai visi tersebut” ungkap Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M.

Sementara itu dalam paparanya Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., menyampaikan, Pilkada serentak 2018 masih banyak dipahami masyarakat sepenggal-sepenggal, karena banyak orang yang tidak percaya dengan demokrasi karena ada beberapa negara yang tidak demokrasi tapi lebih maju.

“Istilah demokrasi baru saat ini terkesan baik sehingga kedepan perlu pendalaman konteks demokrasi dan substansinya. Bahkan di zaman rosullulah sudah menerapkan sistem demokrasi” ujar Prof. Jimly Asshiddiqie.

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat ini juga menambahkan, perbedaan pandangan terkait sistem pemerintahan saat ini kita jadikan pengalaman pengembangan sistem pemerintahan kedepan.

“Pilkada hanya metode yang demokrasi dalam memilih pemimpin dan mari kita isi kegiatan berdemokrasi dengan hal-hal yang berdampak baik kepada masyarakat” tambah Prof. Jimly Asshiddiqie.

Kuliah umum ini jg turut di hadiri oleh Direktur Pascasarjana Dr. Hj. Sri Rahayu. SE.,M.M, Sekretaris Program Pascasarjana Bapak Yudistira. SH.,M.Hum dan para Wakil Rektor serta para Dekan Fakultas Universitas Muhammadiyah Palembang.