Wisuda ke- XXVII Oktober 2019

Sidang Senat Terbuka dalam Acara Wisuda Program Sarjana Strata I Ke-66 dan Pascasarjana Strata II Ke-27 Periode II Tahun Akademik 2018-2019 Universitas Muhammadiyah Palembang, bertempat di The Sultan Convention Center, Kamis, (25/4/2019).

Wisuda periode ini diikuti 1048 peserta yang terdiri dari 124 mahasiswa Fakultas Teknik, 122 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 67 mahasiswa Fakultas Pertanian, 66 mahasiswa Fakultas Agama Islam, 77 mahasiswa Fakultas Kedokteran, 199 mahasiwa Fakultas Hukum, dan Program Pascasarjana 81 peserta yang terdiri dari Prodi Magister Hukum 46 mahasiswa, Prodi Magister Manajemen (Sains) 20 mahasiswa, Prodi Magister Pend.Bioogi 13 mahasiswa dan Prodi Magister Teknik Kimia 2 mahasiswa. alumni terbaik Program Pascasarjana diraih oleh Cahyadi, M.H., dengan IPK 3,91., Nina Triana Rondonuwu, M.Si., dengan IPK 3,87., Muhsin Chatib, M.Pd., dengan IPK 4,00., dan Yuyun Niyati, M.T., dengan IPK 3,96.

Dalam pidatonya, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang mengatakan, prestasi dalam bidang Program kreativitas Mahasiswa di lingkungan UMPalembang menunjukkan perkembangan yang signifikan, pencapaian tersebut membuktikan telah tumbuhnya tunas Unggul dan Islami yang berprestasi, dan dari hasil publikasi di berbagai jurnal ilmiah, UMPalembang menunjukkan progress yang sangat menggembirakan dengan jumlah sitasi artikel para dosen yaitu pada tahun 2016 sebanyak 223 dan saat ini ditahun 2019 sebanyak 5,475.

“Secara khusus, atas nama institusi, kami juga ingin mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih kami, kepada orangtua/wali yang telah memberi kepercayaan penuh kepada kami, untuk mendidik putra, dan putrinya di UMPalembang” ujarnya.

Diakhir pidatonya Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., memberikan pantun sebagai petuah : Terasa Hangat Sinar Sang Surya, Elok Disimpan Penerang Senter, Wisudawan Wisudawati Silahkan Berkarya, Jangan Lupa dengan Almamater.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. Lyncolin Arsyad, Ph.D., mengungkapkan, raihan akreditasi peringkat A dari Prodi Pendidikan Sejarah, dan Prodi Manajemen menunjukan bahwa Universitas Muhammadiyah Palembang setara dengan perguruan tinggi skala nasional yang terbaik.

“Raihan akreditasi ini, kita harapkan berdampak pada peringkat akreditasi institusi perguruan tinggi UMPalembang menuju peringkat A. Karena Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah berharap pada UMPalembang meraih akreditasi A ke 2 untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah diluar pulau Jawa” ujarnya.

“Jadilah pemimpin yang paripurna setelah raihan gelar kesarjanaan anda, jadilah anggota dewan disemua tingkatan, bupati, gubernur, bahkan presiden dengan berlandaskan keimanan dan ilmu pengetahuan yang cukup sehingga dapat mensejahterakan masyarakat” tuturnya.