Dr. Saleh Hidayat, M.Si. menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan SemaBio di UIN Raden Fatah Palembang

         Dr. Saleh Hidayat, M.Si. menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Biologi yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang pada tanggal 21 Februari 2018 dengan tema “Peningkatan Mutu Penelitian di Indonesia dalam Menghadapi Masalah Pendidikan”.
         Pada seminar tersebut Dr. Saleh Hidayat, M.Si mengemukakan bahwa ada 3 faktor utama yang menyebabkan kualitas penelitian di Indonesia masih rendah 1) hambatan di level kebijakan pemerintah; 2) kurangnya peneliti kualifikasi S3, dan 3) rendahnya potensi pertumbuhan atmosfer penelitian di Indonesia. Dr. Saleh Hidayat, M.Si., juga mengemukakan upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Di antaranya, 1) penciptaan kebijakan yang kondusif untuk para peneliti; 2) penambahan kuota penerimaan beasiswa dosen S3 untuk usia di bawah 40; 3) penambahan kuota anggaran untuk penelitian, dan 4) Integrasi hasil penelitian kepada para guru dalam meningkatkan proses pembelajaran.
        Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran serta dari berbagai pihak sangat diharapkan dalam memperbaiki bahkan meningkatkan mutu penelitian yang tentunya dapat juga berimbas pada mutu pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *