Magister Pendidikan Biologi UM Palembang, terpilih sebagai Juara I pada pemilihan inovator Sumatera Selatan Tahun 2023 kategori mahasiswa Inovatif. Prestasi ini diperoleh oleh Diana Kumala sebagai mahasiswa angkatan IX di semester 3. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh H. Herman Deru, S.H., M.M., Gubernur Sumatera Selatan di Griya Agung pada Jumat, 22 September 2023 dalam Ajang Inovation Government Award Sumsel Tahun 2023.

Diana Kumala mengajukan inovasi berjudul “Bioplastik Pandan (Pandanus Amarylifollius) Ramah Lingkungan Dalam Mewujudkan Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Berbasis Ekologi”. Tema yang diangkat dalam  inovasi ini adalah penggunaan plastik yang menjadi akar masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sampah plastik yang menumpuk dan merupakan polimer molekul tinggi dengan struktur stabil yang sulit terurai di alam. Sehingga muncul ide pembuatan bioplastik pandan yang ramah lingkungan dan dapat mewujudkan salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDG’s) pada nomor empat yaitu Pendidikan Berkualitas (quality education) serta menjaga kelestarian ekosistem daratan (life on land) yang terdapat pada nomor empat belas  dengan cara mengurangi tingkat pencemaran lingkungan terutama pencemaran plastik yang berbahan kimia.

Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M selaku Direktur PPs UM Palembang menyampaikan bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Diana Kumala. Prestasi ini juga mendapat dukungan penuh dari Ketua program studi Magister Pendidikan Biologi, Dr. Sri Wardhani, M.Si.